Lubukgambir's Blog

Segala hal tentang Pasisie Salatan

kota Roma, asal usul kekaisaran Romawi


Romawi Kuno adalah sebuah peradaban yang tumbuh berkembang di Semenanjung Italia pada awal abad ke-8 SM. Terletak di sepanjang Laut Mediterania dan berpusat pada kota Roma, itu berkembang menjadi salah satu kerajaan terbesar di dunia kuno. [1]

Dalam abad eksistensinya, peradaban Romawi bergeser dari monarki ke sebuah republik aristokrat ke sebuah kerajaan semakin otokratis. Itu datang untuk mendominasi Eropa Selatan, Eropa Barat, Balkan, Asia Kecil, Afrika Utara dan sebagian Eropa Timur melalui penaklukan dan asimilasi. Roma adalah lebih besar di seluruh wilayah Mediterania, dan merupakan negara adidaya tunggal Antiquity.

Roma adalah pusat kekuasaan Kuno. Bangsa Romawi dapat masih ingat saat ini, termasuk nama-nama seperti Julius Caesar, Cicero, dan Horace. Budaya Romawi dan sejarah telah dipuji oleh pemikir besar dan filosof seperti Machiavelli, Rousseau dan Nietzsche.

Sebuah masyarakat yang sangat maju dalam keterampilan militer dan politik, Roma professionalized kelas militer dan menciptakan sebuah sistem pemerintahan yang disebut res publica, inspirasi untuk beberapa republik modern [2] [3] [4] seperti Amerika Serikat dan Perancis.

Pada akhir Republik, Roma telah menaklukkan tanah sekitar Mediterania dan seterusnya: domainnya diperpanjang dari Atlantik ke Yudea dan dari mulut Rhine ke Afrika Utara.

Dalam Kekaisaran, Roma masuk dalam masa keemasannya di tangan Kaisar Agustus. Di bawah Trajan, Kekaisaran mencapai puncaknya teritorialnya. Nilai-nilai republik mulai menurun pada zaman kekaisaran, dan perang sipil menjadi ritual umum untuk naik kaisar baru. [5] [6] [7]

Diganggu oleh ketidakstabilan internal dan diserang oleh orang bermigrasi berbagai, bagian barat kekaisaran pecah menjadi kerajaan merdeka pada abad ke-5. Fragmentasi ini adalah tengara sejarawan gunakan untuk membagi periode kuno sejarah universal dari era abad pertengahan (“Dark Ages” dari Eropa).

Kekaisaran Romawi Timur selamat krisis ini dan diperintah dari Konstantinopel setelah pembagian Kekaisaran. Ini terdiri Yunani, Balkan, Asia Kecil, Suriah dan Mesir. Meskipun kehilangan selanjutnya dari Suriah dan Mesir untuk Kekaisaran Arab-Islam, Kekaisaran Romawi Timur terus selama milenium, sampai sisa-sisa yang akhirnya dianeksasi oleh Kekaisaran Ottoman Turki muncul. Ini, timur Kristen, tahap abad pertengahan Kekaisaran biasanya disebut Kekaisaran Byzantium oleh para sejarawan.

Romawi peradaban sering dikelompokkan ke dalam “zaman klasik” bersama dengan Yunani kuno. Romawi Kuno memberikan kontribusi besar terhadap pemerintah, hukum, perang, seni, sastra, arsitektur, teknologi, agama, dan bahasa di dunia Barat.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: