Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Dialek Tapan


Dialek Tapan adalah sebuah dialek bahasa Minang yang dituturkan di daerah selatan Pesisir Selatan yaitu Indropuro (Kec. Pancung Soal), Tapan (Kec. Basa Ampek Balai) dn Lunang (Kec. Lunang Silaut).

Dialek Tapan berbeda dengan dialek Minang yang lain. Ada beberapa kata yang tidak terdapat dalam dialek-dialek Minang yang lain. Kalau kita berkunjung ke Tapan dan sekitarnya maka kita akan mendengar logat irama bahasa Minang dan beberapa kata yang asing di telinga kita.

Dialek Tapan ini mungkin dipengaruhi oleh dialek dan bahasa Kerinci dan bahasa Muko-muko Bengkulu. Secara geografis memang letak Tapan ini dekat ke Kerinci dan Lunang dekat ke Muko-muko.

TNKS yang menimbulkan ironi............

suku Minang yang banyak di daerah ini adalah suku Malayu. Tapi sayangnya saya sendiri belum pernah berkunjung ke Lunang dan Tapan. Perjalanan saya baru sampai hingga Pasir Ganting, Muaro Sakai Indropuro.

Perjalanan saya dan istri ke Indropuro dalam rangka bulan madu dan berwisata melihat bekas istana Kerajaan Indropuro yang hanya tinggal tanah kosong dan tangga istana. Kemudian kami juga melihat rumah gadang Mangkubumi kerajaan. Terus kami pergi ke Pasir Ganting dimana disana ada tinggal seorang induk bako saya bersuku Caniago. Namanya Jubai. Ternyata wajah Tuo Jubai sangat mirip dengan adiknya Tuo Lela. Tuo Jubai mempunyai seorang putri yang bernama Pik Punai yang beranak empat orang laki-laki.

Kami tidak berhasil mendengar dialek Tapan di masyarakat Indropuro karena biasanya mereka akan berbicara dengan dialek Padang kalau bicara dengan orang luar.

Ok, sobat. Nanti kalau ada tambahan informasi akan saya posting lagi.

3 Januari 2010

4 Comments

  1. Tomi Tapan

    Pai lah ka Tapan, pasti ktmu dialek Tapan yang asli, soalnyo ughang tapan biasonyo pakai bahaso Tapan, atau klik iko http://www.facebook.com/group.php?gid=211776934704&ref=mf

    • Insya Allah, sanak Tomi, kami akan pai ka Tapan. kalau dak ado halangan pas libur panjang nanti ambo akan bawo keluarga ambo jalan ka Tapan, taruih ka Lunang, mancaliak Rumah Gadang Mande Rubiah. Di Tapan apo yo tampek wisata sejarah nan ado? ambo taragak maambiak foto2 nan rancak di Tapan misalnyo kota Tapan dan rumah adat Tapan nan tampan lagi unik.
      Mokasih sanak Tomi.

      Salam ranah Pasisie

      • Tomi

        di tapan ado Wisata alam Sako, wisata sejarah : Tpat Gdang (Pandam Pakuburan Para Tokoh Tapan Zaman dahulu) di Alang Rambah/ belakang SMAN 1 Tapan

  2. kami sekeluarga alah melewati Tapan hingga Lunang I pas lebaran kapatang, Tom… dan sempat singgah di rumah Mande Rubiah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: