Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Sutan Muhammad Taufik Thaib Tuanku Mudo Mangkuto Alam


Sutan Muhammad Taufik Thaib Tuanku Mudo Mangkuto Alam adalah pemangku jabatan Yang Dipertuan Raja Alam Pagaruyung di masa sekarang.

//

Keluarga

Beliau adalah putra dari Puti Reno Dismah Yang Dipertuan Gadih XVI (Tuan Gadih XVI), pemangku jabatan Raja Alam Pagarung yang wafat pada 10 Juni 2007. Ayah dari SM Taufik Thaib bernama Thaib.

Salah seorang saudarinya yang bernama Puti Reno Raudhah Thaib dinobatkan sebagai Yang Dipertuan Gadih XVII (Tuan Gadih VII) menggantikan ibunya sekaligus menyandang jabatan sebagai Bundo Kandung sampai sekarang ini.

Penobatan sebagai Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Pagaruyung

SM Taufik Thaib dinobatkan menjadi pemangku jabatan Yang Dipertuan Raja Alam Pagaruyung ketika wafatnya Puti Reno Dismah (Tuan Gadih XVI). Ketika itu pula seorang saudarinya dinobatkan menjadi Bundo Kandung Minangkabau Yang Dipertuan Gadih (Tuan Gadih XVII).

SM Taufik Thaib menjadi pemangku raja Minangkabau atau Pagaruyung sampai sekarang.

Jabatan selain menjadi raja

Jabatan raja yang disematkan kepada SM. Taufik Thaib yang juga seorang Sarjana Hukum (SH) lebih kepada jabatan simbolik saja. Ia pernah menjadi pengurus DPD Golkar di Tanah Datar. Kemudian ia juga pernah menjadi anggota DPR RI.

Kunjungan Kerajaan

SM Taufik Thaib yang bergelar Tuanku Mudo Mangkuto Alam selaku raja Pagaruyung pernah melakukan kunjungan kerajaan ke bekas wilayah Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu yang terletak di Kabupaten Solok Selatan di Istano Kampung Dalam, Muara Labuh. Ia berjumpa dengan pemangku raja Kerajaan Sungai Pagu itu yang bernama Zulkarnain Daulat Yang Dipertuan Bagindo Sultan Besar Tuanku Rajo Disambah. Dalam pidatonya, Tuanku Mangkuto Alam mengingatkan masyarakat Sungai Pagu akan asal usul mereka yang masih berdarah Pagaruyung dan memberikan pesan terkait pelestarian adat Minangkabau.

Selain itu SM Taufik Thaib YDRAP juga pernah menghadiri upacara Batagak Gala para penghulu di Kenagarian Silungkang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: