Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Siapa keturunan raja Inderapura?


Pada sebuah blog tentang kesultanan Inderapura yang ditulis oleh Bapak Yulizal Yunus, seorang dosen IAIN Imam Bonjol, banyak terdapat komentar tentang kerajaan Inderapura dan keturunan raja-raja Inderapura.

sebagian dari mereka dengan lantang mengaku sebagai keturunan raja-raja Inderapura. sebagian lagi mengaku tidak punya sumber sejarah yang jelas tentang Inderapura.

Benarkah mereka keturunan dari istana Inderapura? adakah diantara anda pembaca yang mengenal mereka?

baiklah kita simak penuturan mereka dibawah ini:

1. yustian – Juni 13, 2008

Sebagai cucu buyut dari Indrapura, Muara Sakai ini, saya baru tahu
dan tertarik sekali untuk mempelajarinya lebih dalam. Karena saya
anak rantau yang sudah berusia 50 tahun sekarang.
Mohon beritakan ke alamat email yang tertera ini, kalau ada yang
lebih detail lagi. Wassalam.

2. Yunaldi Mardian – Desember 12, 2008

Assalamu alaikum wr. wb,

terus terang sejarah kerajaan indrapura ini belum banyak yang mengetahui tentang hal ini. saya sebagai anak cucu dari ahli waris kerajaan Indrapura bersama orang tua saya ingin sekali membuat sebuah buku tentang sejarah kerajaan Indrapura ini agar dapat di publikasikan dan diketahui oleh masyarakat khususnya masyarakat melayu. untuk me-realisaikan hal ini banyak sekali kendala dan kurangnya dukungan. Kami mempunyai sejarah lengkapnya dari awalnya Sultan Iskandar Zulkarnain hingga masa Raja/Regent terakhir Sultan Marah Rusli. Kami dengan rendah hati ingin meminta saran dan masukan dari Bapak sebagai orang yang ahli dan mengetahui banyak tentang sejarah, apa yang harus kami lakukan agar sejarah ini dapat terungkap dan dapat diketahui masyarakat luas. jika perlu kita buat suatu komunitas masyarakat Indrapura yang jelas sangat beda budaya dengan masyarakat Minang Kabau

3. saba & cristian_ indrapura comunity – Desember 22, 2008

Assalamu alaikum wr. wb,
Terus terang kami sebagai warga indrapura ingin mengetahui tentang sejarah kerajaan indrapura, karena pada saat ini banyak diantara penduduk inderapura sendiri tidak begitu mengetahui tentang kerajaan indrapura. Wassalam.

4. Yunaldi MardianDesember 23, 2008

silahkan kunjungi juga blog saya di http://sutanaldi.blogspot.com. belum sempurna betul, masih dalam tahap pengerjaan. setelah itu mohon memberi masukan dan kritikan siapa tau ada cerita yang tidak cocok atau ada kata-kata yang salah dalam penulisan. Karena tulisan-tulisan itu rencana nya akan diterbitkan dalam sebuah buku, agar bisa diketahui oleh masyarakat luas tentang dulunya di daerah Indrapura pernah berdiri suatu kerajaan besar

5. uul – Februari 5, 2009

klo boleh tahu nama2 raja ini diperoleh dimana? apa Anda memiliku ranjinya ato pernah mengunjungi sultan firmansyah, Angku Burhanuddin di Padang?

6. aan – Maret 30, 2009

“Assalamua’alaikum wr wb”
terus terang saya kelahiran indrapura dan juga keturunan anak cucu raja indrapura belum banyak mengetahui tentang sejarah di indrapura….. dgn adanya cerita dimuat di situs ini saya jadi tergugah ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah indrapura… dan ada juga nama raja Tuan Ku Balindung yang belum terdaftar di nama2 raja diatas. yang sampai sekarang ini pembangunan pembuatan istana raja Tuan Ku Balindung belum juga selesai.

7. yuliatiMei 13, 2009

saya juga orang inderapura (geti hilir) tapi bukan keturunan raja-raja, paling tidak sebagai orang inderapura asli saya pingin tahu tentang sejarah kerajaan di inderapura. Waktu kecil bapak saya sering cerita tentang raja-raja yang ada di inderapura saya pikir cuma dongeng untuk menyenangkan anak-anaknya saja.

8. yuliatiMei 26, 2009

halo teman2 semuanya, khusus inderapura

9. Rusdal F – Juni 9, 2009

Dari semua tulisan tentang Kerajaan Inderapura tersebut belum dapat menjelaskan secara utuh tentang kerajaan kesultanan Indrapura. Sehingga Kerajaan indrapura tetap misteri dan tanda tanya bagi masyarakat di berbagai kalangan. Disini saya menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini kami Memiliki dokumen penting yang nyata dan otentik sebagai saksi keberadaan Kerajaan Usali Kesultanan Indrapura di masa lalu. Barangkali hanya satu-satunya bukti Otentik tertulis tentang keberadaan Kerajaan Usali Kesultanan Indrapura di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatra Barat. Dokumen tersebut Berupa Manuskrip yang secara tradisi disebut Ranji Melayu Tinggi, Ranji Tinggi Indrapura. Ranji Silsilah keturunan raja-raja Kesultanan Indrapura ini merupakan Manuskrip asli yang kami simpan sebagai ahli waris, sebagaimana keberadaan kaum, suku atau dinasti harus memiliki ranji silsilahnya sebagai bukti diri. Didalam Ranji tercatat Seluruh Sultan-Sultan yang memerintah Kerajaan Kesultanan Indrapura dari generasi ke generasi. Ada 33 Sultan, Raja atau Ratu diiringi catatan dan uraian singkat di bawah nama masing-masing. (Penulis Putra dari Putri Rahmi Hatifah. Putri Rahmi Hatifah kemenakan dari Sutan Boerhanoedin Gelar Sultan Firmansyah Alamsyah)

10. Marah Indra Marbais – Juni 19, 2009

Saya sebagai orang indrapura sangat bangga sekali dg sejarah ini, rupanya msh banyak anak muda yg peduli tentang sejarah daerahnya.salam untuk semua

11. uul – Juni 22, 2009

jika ada waktu, apa saya boleh melihat ranjinya-silsilaah kerajaan inderapura? karena kami juga mempunyai hubungan, keturunan, dari kerajaan indrapura. Dan sampai saat ini saya belum tahu banyak mengenai kerajaan itu. untuk keterangan lebih lanjut, Kakek buyutku bernama tengku lareh dan kakekku sendiri dari pihak ibu bernama marah makmur. Keluargaku pernah bercerita kalo diatas tengku lareh ada tengku regent dari sini saya ingin menelusurinya lebih jauh lagi.

sumber:

http://wawasanislam.wordpress.com/kesultanan-indrapura

31 Comments

  1. Y.Prayogo

    Ass…. dari bbrp sumber yg sy baca, inderapura dulunya kerajaan besar dan banyak sekali raja2 nya, jadi sy rasa sangat wajar sekali banyak keturunan raja2 inderapura baik yg diketahuinya dari cerita ortu,kakek/nenek atau dari ranji dll. Tapi perlu di catat keturunan belum tentu ahli waris!!!! sebagai salah satu kesultanan di daerah sumbar Inderapura tetap menganut sistem matrilineal (adat raja Inderapura adalah koto piliang)… Ahli waris kesultanan inderapura harus dari kaum kampung dalam inderapura dan bersuku melayu tinggi. sepengetahuan saya sutan boerhanuddin glr sultan alamsyah firmansyah pucuk adat kampung dalam, suku melayu tinggi ahli waris syah kesultanan inderapura (beliau sdh uzur, besar harapan saya mendengar ada kemenakannya: Rusdal. F).. himbau saya untuk melestarikan sejarah,budaya dan adat marilah kita bersatu untuk membangun inderapura nagari barajo

    • ichsan zusya putra

      insyaAllah,saya keturunan langsung dari kerajaan inderapura, mohon bimbingan dan bantuannya.
      saya cicit dari Putri Atjeh

  2. yustian yusad sikumbang glr sutan johansyah

    Mungkin dahulu banyak ranji yang dikeluarkan raja-raja dan saya pernah melihatnya juga tulisan arab melayu di rumah nenek saya puti raitan dewi sungai penuh (kerinci) dan setelah beliau meninggal disimpan oleh keluarga saya juga. marilah sama sama kita melestarikan sejarah, budaya dan adat istiadat lama demi kebanggaan anak cucu kita nantinya. Ranji tersebut belum lagi diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Tetapi apabila banyak yang menyimpannya hanya untuk manfaat materi yang sesaat. Ini bukan sifat dan martabat orang minang. Berapalah usia kita sekarang. Semakin hari semakin bertambah dan tiada terasa lagi. Satukan tekad pikiran dan manfaat demi anak cucu kita yang akan datang. Apalah arti nama kerajaan indrapura sekarang. Hanya tinggal puing-puing bekas istananya di muara sakai. Bangun dan bangunlah bangunan yang lama dengan kekuatan diri kita sendiri.

  3. ada baiknya semua yang mengaku keturunan raja Inderapura berkumpul dan bermusyawarah mempertemukan semua informasi terkait dengan Inderapura kemudian bertekad untuk menghidupkan kembali keraton Inderapura yang sempat jaya di masa lampau.

    Jauhi persengketaan supaya negeri kita (Bandar Sepuluh Inderapura) bisa maju kedepannya…

    Bagaimana?

    • uul

      Setelah saya baca blog Anda ini. Sepertinya, saya tidak punya niat mengaku-ngaku bahwa saya adalah keturunan langsung dari kerajaan Inerapura atau bukan. Yang membuat saya tertarik adalah ranji yang diperoleh berasal darimana. setahu saya, ranji yang asli sampai saat ini masih dipegang oleh Sultan Firmansyah (Burhanuddin – keturunan dari putri Gindan) di Padang dan masih punya kerabat dengan beliau Jujur saja , saya agak tersinggung dengan pernyataan Anda di blog, seolah2 saya memperebutkan sesuatu yang jelas2 belum ada manfaat buat saya sama sekali. -regards-

      • maaf, sdr Uul, silahkan dipostingkan pernyataan mana yang membuat anda tersinggung di blog ini? terimakasih

  4. rio febrianto

    wah…ceritanya bagus sekali.

  5. Dear all;

    I am looking for info about the rajas/sultans and dynastychiefs of Inderapura,Muko Muko, Sungai Lemau, Sungai Itam and Silebar for a encyclopedy f.i. kerajaan2 Indonesia I am working for.
    Like to come in contact with the dynasties from here.24-26 june in Bandung Festival Keraton Nusantara.Maybe the 5 dynasties from Bengkulen also want to go there.I know the organisation.
    Thank you.

    I also have contact with a keturunan raja of Inderapura in Holland.
    Mr. Paul Abdoel.His afther went 90 yea5rs ago to Holland for higher school,but found a Belanda woman he loved and stayed here.
    The encyclopedy will be published in 2012 in English.I can speak Bahasa Indonesia.

    Thank you.

    Salam hormat:
    DP Tick gRMK
    secr. Pusat Dokumentasi Kerajaan2 di Indonesia “Pusaka”
    Vlaardingen/Belanda
    http://kerajaan-indonesia.blogspot.com
    pusaka.tick@riscali.nl
    facebook:Donald Tick

  6. Dear Mr. Donald Tick

    if you want to know more about Inderapura Kingdom, please contact Mr. Yulizal Yunus (a lecturer from IAIN Padang). He also come from Kabupaten Pesisir Selatan where the kingdom located.

    Send email to him via datukyuyu@yahoo.com

    Thank you
    Facebook : Syafroni Malin Marajo

  7. Dear Mister Marajo;

    Thank you so much for the info.Suprisingly(coincident)I also good today several e-mails with pedigree,daftar raja2,photoś of present and previous sultans,etc. from cucu present sultan Mr. Youdhi Prayogo.And I also have contact with cucu previous sultan called Pak Yunaldi Mardian.I try now also to let go the Inderapura dynasty to the 24-26 in Banding held Festival Keraton Nusantara.I hope also to get from your contact more info about the dynasties of Muko Muko,Sungai Itam,Sungai Lemau and Silebar. Many thanks again and have a nice day.

    Salam hormat:
    DP Tick gRMK/Pusaka Holland

  8. Ricky Syah

    mudah2an misterinya cepat terpecahkan….

  9. Aria Ramadhan 234

    Asw..Pemirsa
    Kami Keluarga Besar keturunan kontan dan suku melayu tinggi Raja Tuan Ku Balindung mohon doanya agar kami diberi rezeki berlimpah dan kekompak Keluarga Besar kami untuk segera membangun istana Raja Tuan Ku Balindung dan atau Rumah Gadang Raja Tuan Ku Balindung, untuk melestarikan atau menjaga budaya Kerajaan di Inderapura Kab.Pesisir Selatan Sumatera Barat. Masalah bukti otentik tentang ranji kami juga punya, semoga ada buku yg detail membuka tabir Kerajaan di Inderapura bnyk manfaatnya.
    Kakek sya dr Tapan Alm.H Abdul Aziz (Ma Itam Aziz) & Nenek sya dr Indrapura Alm.Hj Siti Anyar (Cucu dr Raja Tuan Ku Balindung). Semoga silaturahmi ini tetap terjaga baik Keturunan Kerajaan di Indrapura Kab.Pesisir Selatan dan atau Keluarga Besar Anak Pesisir Selatan Sumatera Barat.
    Fb : Aria Ramadhan 234

    Tapan, 22 Jan 2012
    Wasalam
    Aria Ramadhan 234

    • Yanuardi R.

      semoga spirit untuk membangun nilai budaya kerajaan indrapura cepat terwujud, karena indrapura merupakan salah satu aset di pesisir selatan, untuk wisata nilai budaya, seperti situs atau peninggalan kerajaan di Jawa dan nusantara lainnya.
      Tangerang Selatan, 16 sep 2012.
      Wass. yanuardi

  10. ricky rinaldi marza

    asslm . . . saya pribadi selaku keturunan dari raja teuku balindung sangat berharap sekali supaya sejarah kerajaan inderapura dapat dibuku kan,agar generasi yang akan datang bisa membaca dan dapat mengetahui secara detail silsilah kerajaan inderapura.
    dan yang sangat penting sekali adalah supaya mereka merasa bangga bahwa diinderapura pernah ada suatu kerajaan islam yang tertua dinusantara. trimksh.

    • Dio

      KesuLtaNAn iNdra puRA iTu,,,,eMAng aDA,,yg RAja nya Bernama FIRMANsYAH,,
      geLAR nya TUAn KU baLInduang,,,DAn mempuNYAi anak yg BRgeLAR,,puTri goMOt,
      DAn KINI KTURUnan nya yG Ke 5 ada d muaRA sakai,,,yG BERNAma KARTINI.
      DAn ktuRUnan Ke 6 nya LiLi suryani,,
      yaKNi BeLIau LAh kTuRunan yg sedaRAh,

  11. H.Alimin Azian

    Sya salah keturunan Tuanku Balindung alamat rumah Pasar Tapan depan TK tanjakan Pasar Tapan anak dr Alm H.Maitam Aziz dan Hj.Siti Anyar.

  12. joni

    mbo dak tau daaak……………..

  13. bungirda

    sy sebagai cucu buyut dr dato h.ismailudin bin dato h aminudin bin syech sultan abdul jalil alias sultan bungsu ahli waris keturunan kerajaan indrapura muko muko ingin berbagi dan bisa membantu kerabat yg ingin menulis membangun kembali situs kerajaan indrapura muko muko umummya dan kerjaaan putri bunga melur..jk ada yg mempunyai semngat yg sm bs mengontek sy di email irda 123@gmail .com atw di 081585083066…smua buat indonesia

    • Tanjuangkaciakmuaropaneh

      semoga ada yg bisa membantu, buk

  14. Anjar Asmara Tabes

    Saya adalah keturunan ke lima dari Raja terakhir dari kerajaan inderapura Tengku Rusli, yang dibuang belanda ke batavia, di batavia Tengku Rusli menamakan diri Marah Rusli yg kita kenal sebagai pujangga. Tengku Rusli memiliki 3 orang Anak, yaitu : -‘DR. Romawi di buang belanda ke negeri Belanda, – DR. Rivai dibuang belanda ke Bogor, MR. Lenga dibuang Krui, Lampung. MR. Lenga Punya 2 orang Anak yaitu : – Mayor Nawawi di Lampung, – 2. Umar Ahmad Demang d Tais, Bengkulu Selatan. Umar Ahmad punya anak Dahnas di Tais. Dahnas punya Anak Ruslan Dahnas Tabes( Ayahanda) punya 8 anak, 1. Anjar Asmara Tabes (saya di Pekanbaru) dan 7 adik di Bengkulu dan Lampung. Demikian semoga ini bermanfaat dan menambah catatan. Tks

  15. Anjar Asmara Tabes

    Saya Anjar Asmara Tabes keturunan ke 5 dari Raja terakhir dari Kerajaan Inderapura Tengku Rusli. Dan saya keturunan dari anak Tengku Rusli yaitu.MR. Lenga yg buang Belanda ke Krui-Lampung.

    • TanjungGuci

      oh ya.. boleh dijelaskan silsilahnya dari Tuanku Rusli sampai pada keturunannya yang kelima di Krui? terimakasih

  16. Alzahari rajo bintang

    Kakak ipar sy jg ortunya aali indrapuro,

    • TanjungGuci

      mantap

  17. Alzahari rajo bintang

    Ayah dri kakak ipar sya asli indropuro

    • Halimah

      salam untuk keluarga dari keturunan kerajaan inderapuro

      • TanjungGuci

        salam…

    • TanjungGuci

      alhamdulillah. salam kenal

  18. Halimah

    Aslamu’alaikum Wr.Wb untuk semua keturunan dari Indrapuro, saya halimah saat ini tinggal di Indragiri, Riau, 082185100587 (wa), pin 5eca6030 saya selalu mendengar cerita bahwa nenek moyang kami keturunan Indrapuro tapi tidak tau persis dari keturunan mana yang sebenarnya, karna agak binggung dengan membaca ranji yang mana yang sebenarnya, adakah saudara-saudara ku diblok ini garis keturunan dari Sultan Gandam (Indrapuro) beristri dengan Pondok (bengkulu) mohon dapat menghubungi saya paling tidak kita dapat bersilaturahmi walaupun hanya melalui media sosial.
    tanggal 21 Oktober 2016 yang lalu saya ke kampung kami tinggal jalan raya padang bengkulu di kecamatan pancung soal.
    salam hormat untuk semua nenek mamak, keluarga keturunan dari kerajaan inderapura.

    • TanjungGuci

      Waalaikumsalam. apakah maksud anda Puti Pundut? tapi setahu saya suaminya bukan Sultan Gandam (sultan Muko2). Puti Pundut atau Siti Pondok adalah ibu dari Sultan Rusli atau Tuanku Rusli Tuanku Regent

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: