Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Sutan dan Puti


Sutan

Sutan adalah nama kecil atau gelar bangsawan Minangkabau, yang merupakan pergeseran penyebutan untuk Sultan (yang berarti raja) dalam Bahasa Minang. Dalam kebiasan masyarakat Minang tempo dulu, penyebutan huruf “r” dan “l” sering menghilang. Tak jarang huruf “r” bila di tengah sebuah “kata” berubah pengucapannya menjadi “gh”,”h” dan “l” atau menghilang.

Tapi ada pendapat lain dari seorang budayawan Minang, AA Navis, bahwa kata “sutan” berasal dari Bahasa Sanskerta “su” dan “tan” yang berarti baik, bagus dan orang, sehingga sutan bermakna orang baik, orang yang mulia.

Contoh-contoh nama tokoh yang masih menggunakan sutan didepan nama kecilnya sebagai berikut:

Di Pariaman, gelar Sutan, Sidi dan Bagindo diwariskan secara patrilineal dari ayah ke anak, selain gelar adat yang diwariskan secara matrilineal.

Puti dan Puti Reno

Puti adalah nama kecil atau gelar yang diberikan kepada perempuan yang masih berdarah bangsawan Minangkabau baik darah raja maupun darah datuk yang ada pada mereka, murni ataupun campuran.

Istilah puti merujuk pada istilah putri (princess) dalam budaya Melayu. Kadang-kadang digabungkan dengan kata reno dan tuan sehingga menjadi Puti Reno (Puti Rekna, Putri Ratna) dan Tuan Puti

Terkenal dalam pepatah petitih Minangkabau : adat raja turun-temurun, adat puti sundut bersudut yang artinya apabila seorang raja mangkat maka ia digantikan oleh anak atau kemenakannya sedangkan seorang puti bila mempunyai anak perempuan maka anak perempuannya otomatis juga seorang puti.

Perempuan-perempuan keturunan kerajaan Pagaruyung, kerajaan Inderapura, kerajaan Siguntur masih menyandang nama puti pada nama kecilnya.

11 Comments

  1. Saya menaruh rasa hormat kepada anda karena telah memberikan keterangan yang benar pada blog anda bahwa gelar Sutan dan Puti adalah gelar bangsawan Minangkabau. Saya mohon bantuan anda untuk menyebarluaskan isi blog anda ini pada internet dan saya minta tolong kepada anda agar website http://www.minangforum.com yang mengatakan bahwa gelar Sutan bukan gelar bangsawan tetapi gelar bagi laki-laki minang yang sudah kawin dibantah/diralat oleh anda agar tidak terjadi salah pengertian di kalangan orang dari sukubangsa lain. Terima kasih.
    Teriring salam hormat saya,
    Drs.Tafiardi, M.Pd.
    Dosen UNJ

  2. terimakasih Bapak Tafiardi atas apresiasi dan tanggapan anda. bisa diberikan saya link yg mengatakan bhw gelar ini bukan gelar bangsawan?

    salam
    Syafroni Malin Marajo, ST
    Abi Chedija

  3. Azian

    Saya dari Malaysia, berketurunan Minangkabau Pagar Ruyung dan baru tahu saya seharusnya memakai nama Puti dan Sutan. Persoalannya bisakah nama keturunan ini diperturunkan kepada waris2 saya pada masa hadapan melalui cucu, cicit dan seterusnya, walau dari saya selaku ibu?

    mohon pencerahan tentang ini-email saya – norhaidatulazian@gmail.com

    • Tanjuangkaciakmuaropaneh

      Adaik Sutan turun tamurun (patrilineal)
      adaik Puti Sunduik basundunik (matrilineal)

      anak2 seorang Puti adalah para sutan dan puti
      begitu pula anak seorang Sutan

  4. Tanjuangkaciakmuaropaneh

    selain gelar bangsawan, gelar Sutan, Sidi dan Bagindo diwariskan secara patriilineal di Pariaman dan diterima sejak lahir, bukan setelah dewasa (setelah menikah atau naik nobat)

    • Sutan Ali Datuk Rajo Di Hilie

      Nah inilah seharusnya yang harus di publikasikan bahwa gelar sutan di pariaman berbeda dengan gelar sutan di daerah darek yang mana gelar sutan di letakan di belakanh nama seperti Andi Setiawan Sutan Mudo tapi jika di pariaman gelar sutan di letakan di awal dan di bedakan dengan gelar adat. Sebagai contoh Sutan Andi Setiawan Datuk Rajo Di Hilie. Dan gelar sutan ini hanya berlaku bagi keturunan wakil raja dan keturunannya yang masih memiliki darah dinasti Mauli.

      • Sutan Ali Datuk Rajo Di Hilie

        Dan bila di darek gelar sutan hanya di beri sebagai gelar nikah atau juga gelar penghulu

  5. Livane

    Kebetulan saya masih ada darah dari datuk rajo malano.Yang saya tanyakan,apa saya perlu memakai nama puti di depan nama saya atau tidak? terimakasih.

    • TanjungGuci

      untuk memakai nama Puti tsb harus dilihat dulu ranji silsilah dari fihak ibu dan ayahnya. apakah ibu anda juga seorang puti atau ayah anda seorang sutan? kalau berdarah Datuk saja maka tak cukup syarat untuk memakai nama Puti dan Sutan

  6. Nuzul Qayyum

    Saya dari malaysia juga berasal dari rao dan pagaruyung. Moyang ayah saya bernama sutan sulaiman bin andika. Bisakah anak saya memakai namo sutan?

    • TanjungGuci

      bisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: