Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Abu Ishaq Syami


Shami Abu Ishaq (meninggal 940) adalah seorang sarjana Muslim yang sering dianggap sebagai pendiri Orde Chishti sufi karena ia adalah orang dalam silsilah Chishti (rantai, atau garis keturunan agama) yang pertama tinggal di Chisht. Nama Shami menyiratkan ia datang dari Suriah atau bahkan dari Damaskus (Syam). Dia meninggal di Damaskus dan terkubur di Gunung Qasiyun, Agustus 2011, di mana kemudian juga Ibnu Arabi dimakamkan.

Melihat tanggal kematiannya dianggap [oleh siapa?] Bahwa Orde Chishti adalah salah satu yang tertua, jika tidak urutan, tertua sufi yang ada. Namun, seperti Chishtiyya, sebagian besar sufi (misalnya, Qadiriyyah, yang Suhrawardiyyah dan Naqshbandiyyah) klaim silsilah dimulai dengan Nabi Muhammad sendiri.

Guru dan Murid

Guru Shami Abu Ishaq adalah Syaikh Ilw Mumshad Dinwari, yang guru sendiri adalah Abu Hubairah Basri, seorang murid dari Huzaifah Al-Mar’ashi yang pada gilirannya murid Ibrahim bin Adham. Shami Abu Ishaq mungkin memiliki banyak murid, tapi Abu Ahmad Abdal adalah satu melalui siapa silsilah ke Chishtiyyah Selatan Asia terus. [3]

Kutipan

Beberapa dari perkataan Abu Ishaq Shami adalah:

Kelaparan unggul semua dalam kebahagiaan.
Orang-orang duniawi tidak murni sementara darwis murni dalam jiwa mereka. Kedua sifat yang berbeda karenanya tidak dapat berbaur.

Sultan Muhammad Jalaluddin Akbar, sultan kerajaan Mughal di India menganut Tarikat Aliran Chisti ini. Mereka menyebut guru mereka dengan istilah Khawaja atau Khoja–istilah ini juga dikenal di Indonesia.

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Abu_Ishaq_Shami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: