Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Haji Bektasy (Pendiri Tariqat Bektasyiyah)


Haji Bektash Veli atau Haji Bektash Wali (Persia: حاجی بکتاش ولی Haji Baktāš Wali; Turki: Haci Bektaş Veli) adalah seorang Persia mistik, humanis dan filsuf dari Nishapur, Khurasan, Persia (Iran modern). Beberapa sumber mengklaim ia keturunan Turki. Ia hidup sekitar tahun 1209-1271 di Anatolia. Dia adalah salah satu tokoh yang berkembang di Kesultanan Rum.

Nama dikaitkan dengannya dapat diterjemahkan sebagai “The Pilgrim Saint Bektash.”  Dia adalah eponim dari tatanan Bektashi sufi dan dianggap sebagai salah satu guru utama Alevism (Alawiyah). Dia juga seorang tokoh terkenal dalam sejarah dan budaya dari kedua Kekaisaran Ottoman dan Turki modern. Titel Haji menyiratkan bahwa Haji Bektash Veli melakukan ziarah ke Mekah dan Madinah untuk melakukan ibadah haji.

Asal

Haji Bektash lahir di Neishapour Iran. Dia adalah seorang Persia etnis. Hal ini dilaporkan dalam beberapa legenda Bektashi bahwqa Bektash Haji adalah seorang pengikut dan khalifah (“wakil”) dari Khwaja Ahmad Yasavi, mistikus sufi dari Asia Tengah yang memiliki pengaruh besar pada Turki nomaden dari stepa. Namun, tidak ada tanda-tanda pengaruh Yasavi dalam ajaran asli Haji Bektash dan klaim ini ditolak oleh para sarjana modern, karena Ahmad Yasavi hidup hampir seratus tahun sebelum Haji Bektash.

Penelitian modern menghubungkan ke lain gerakan keagamaan yang penting waktu itu: gerakan Qalandariyah dan Rasul Baba Ilyas Khorasani († 1240), seorang mistik berpengaruh dari Persia Timur yang disiksa sampai mati karena anti-ortodoks pandangannya tentang Islam. Para Bektashi asli ajaran dalam banyak hal menyerupai ajaran Qalandariyah Khorasanian dan bahwa dari Rassul-Allāh Eliyās.

Penyebaran Tariqat Bektashi

Bektashiyah menyebar dari Anatolia melalui Ottoman terutama ke Balkan, dimana para pemimpinnya (dikenal sebagai Dedes atau Babas) membantu mengkonversi banyak Islam. Urutan Bektashi sufi menjadi orde resmi dari elit korps Yenicheri (Inkisariyah) setelah pendirian mereka. Orde Bektashi tetap sangat populer di kalangan Albania, dan Bektashi tekke dapat ditemukan di seluruh Makedonia, Kosovo dan Albania sampai hari ini. Selama periode Utsmani Bektashi tekke didirikan di Mesir dan Irak, tetapi orde tidak berakar di negara-negara ini.

Orde yang berbeda dalam Alevisme

Orde Bektashi paling populer di kalangan segmen pedesaan Anatolia dan di Balkan selatan (serta orang-orang militer), kontras dengan kaum Maulawi, yang umumnya tertarik pengrajin, atau perintah Naqsybandi atau Khalwati, yang menarik para teolog dan pejabat pemerintah. Itu juga selama periode Ottoman di Turki Alevi banyak melekat diri penghormatan Haji Bektash, sebuah langkah yang mungkin memiliki lebih terpolarisasi ketegangan antara Alevism dan ideologi arus utama Muslim Sunni imperium Utsmani.

Abad ke-19 dan sesudahnya

Ketika korps Yenicheri dihapuskan pada tahun 1826 oleh Sultan Mahmud II para penganut Bektashi mengalami nasib yang sama. Para Babas dari tekke dan darwis mereka dibuang ke kukuh desa Sunni dan kota, dan tekke mereka ditutup atau diserahkan kepada tarekat-tarekat Suni (kebanyakan Naqsybandi, misalnya, tekke Goztepe di Istanbul diberikan kepada Naqshbandi selama periode ini) .

Meskipun urutan Bektashi kembali banyak tekke yang hilang selama periode Tanzhimat, mereka, bersama dengan semua perintah sufi lainnya, dilarang di Turki pada tahun 1925 sebagai akibat dari kebijakan sekularisasi negara dan semua tekke Bektashi ditutup sekali lagi bersama dengan semua orang lain . Akibatnya, markas pesanan dipindahkan ke Tirana di Albania.

Para Bektashi utama tekke adalah di kota Anatolia Tengah Hajibektash. Saat ini terbuka sebagai museum dan tempat peristirahatannya yang masih dikunjungi oleh Muslim Sunni dan Alevi. Festival besar diadakan di sana setiap bulan Agustus. Juga Göztepe dan Shahkulu tekke di Istanbul yang sekarang digunakan sebagai tempat pertemuan untuk Alevis.

 

Sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/Haji_Bektash_Veli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: