Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Peranan Kesultanan Inderapura di Pesisir Barat Sumatera Tengah


Kesultanan Inderapura berdiri diatas reruntuhan kerajaan Teluk Air Pura pada sekitar abad 16. Terkait nama Inderapura ada beberapa kemungkinan. Pertama, nama Inderapura diduga diinspirasi dari nama tokoh legendari Indera Jati atau dikenal sebagai Indojati menurut logat setempat. nama tokoh tersebut dipadu dengan istilah ‘pura’ yang sudah dikenal pada masa sebelumnya yaitu nama kerajaan Teluk Air Pura. sehingga kombinasi nama Indera Jati dan Teluk Air Pura maka jadilah Inderapura atau Indopuro dalam sebutan dialek lokal setempat.
kemungkinan kedua adalah dikaitkan dengan nama seorang sultan yang bernama Inderayana, seorang berdarah raja Sriwijaya yang melarikan diri dari Palembang, Sriwijaya karena ia sudah menganut agama Islam sementara Sriwijaya masih didominasi pemeluk Buddha.

kemungkinan ketiga, berkaitan dengan nama sebuah provinsi di kerajaan Champa yaitu provinsi Indrapura.

sebetulnya cukup umum dipakai nama Inderapura ini. misalnya saja di Riau, ada Siak Sri Inderapura. ada juga di Aceh nama Inderapuri.

Lalu apa peranan kesultanan Inderapura di pesisir barat sumatera tengah?

sebagaimana kita ketahui Kesultanan Inderapura tidaklah sendiri di Sumatera Tengah. di pedalaman solok selatan sekarang pada abad 16 juga berdiri sebuah kerajaan yaitu kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu tapi herannya walaupun kerajaan ini dikaitkan dengan kesejarahan mesjid tertua mereka yaitu Mesjid Kurang Aso 60, namun kerajaan ini tidak disebut kesultanan. entah kenapa.

Kemudian di utara sumatera berdiri kesultanan Aceh, di pedalaman Minangkabau berdiri kerajaan Pagaruyung (sama halnya Sungai Pagu, ia jarang disebut sebagai kesultanan).

Kesultanan Inderapura dipimpin oleh sultan-sultan yang bernama Syah dibelakang gelarnya yang menandakan bahwa mereka berkaitan dengan keturunan raja-raja Persia dan India. Karena diduga nenek moyang sultan-sultan Inderapura datang dari Gujarat menuju pesisir pantai Inderapura. sementara rakyatnya berasal dari berbagai daerah : Jambi-Kerinci, Palembang, Sungai Pagu, Bengkulu dan Kubuang Tiga Belas.

Kesultanan Inderapura cukup berperan dalam penyebaran dakwah Islam Tariqat kepada masyarakat pesisir. menjaga keamanan di pesisir dan memberikan perlawanan pada penjajah : Portugis dan Belanda.

Kesultanan Inderapura pada posisi lemah pernah dikuasai oleh kesultanan Aceh, juga kerajaan Pagaruyung.

Referensi:
1. Blog Yulizal Yunus http://wawasanislam.wordpress.com/2008/04/30/kesultanan-indrapura/

2. Wikipedia http://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Inderapura
3. Blog Lagu Lamaku http://lagulamaku.blogspot.com/2009/04/puing-puing-bekas-istana-kerajaan.html

4. Blog Tomi Tridaya http://triatra.wordpress.com/2010/12/16/kerajaan-inderapura-kejayaan-masa-lalu-renah-indojati/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: