Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Tradisi Mandarahi Rumah dan Bangunan lainnya


di kampung juga ada tradisi mandarahi rumah atau bangunan lainnya. bila seseorang baru selesai membangun rumah biasanya akan ada acara ‘mandarahi’ artinya memotong hewan misalnya ayam, kambing atau lainnya kemudian daging hewan tersebut dimasak dan dimakan bersama-sama yang didahului dengan doa bersama. darah dari hewan tersebut ditumpahkan ke sekeliling rumah.

selain rumah, juga ada tradisi mendarahi pada bangunan lainnya misalnya, pada sungai baru yang dibuat sebagai pengalihan sebuah sungai lama yang apabila meluap meruntuhkan banyak tanah perumahan dan sawah-sawah masyarakat. setelah sungai baru dibuat, biasanya dilakukan acara ‘mendarahi’, biasanya dengan memotong seekor sapi atau kerbau. kabarnya ada pula yang menanamkan kepala sapi dalam bendungan atau dam yang dibuat. dagingnya dimasak oleh warga dan dimakan bersama-sama di pinggir sungai tersebut, tentunya didahului dengan doa bersama. ini kejadian di koto berapak, bayang, belasan tahun silam.

begitu pula ada acara mendarahi jembatan gantung, tujuannya supaya sungai di bawah jembatan tersebut tidak meluap dan meruntuhkan tanah perumahan warga, maka dipotonglah seekor kambing, dimasak, doa bersama lalu makan bersama dipinggir sungai. darah kambing dihanyutkan di sungai dari atas jembatan, kabarnya kepala kambing juga dilemparkan kedalam sungai. ini kejadian di dusun kampung marelang, pada lebaran tahun 2011 kemarin.

Iklan

1 Komentar

  1. ask uda
    #safro apo ndak menyalahi aturan agama tuh da

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: