Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Hasan bin Ali


Hasan lahir pada tahun kedua Hijriah. pada waktu Rasul, kakek Hasan wafat umur Hasan baru sekitar 7 atau 8 tahun. Terlalu dini bagi Hasan untuk menerima langsung ajaran dari sang kakek walaupun kakeknya adalah seorang nabi.

ketika Umar bin Khattab naik menjadi khalifah, Hasan berumur 9 tahun dan ketika Utsman naik menggantikan Umar umurnya sudah 19 tahun. ketika ayahnya naik menjadi khalifah ia sudah berumur 35 tahun.

Jadi diduga bahwa Hasan banyak mendapatkan gemblengan dan binaan dari ayahnya sendiri. dari ibunya sendiri, fatimah, Hasan tidak banyak mendapatkan didikan.

Hasan meninggal pada umur 44 tahun dengan meninggalkan 11 orang anak. mereka adalah Zaid al Ablaj, Hasan al Mutsanna, Qasim, Abu Bakar, Abdullah, Amru, Abdurrahman, Hasan al Atsram, Muhammad, Yaqub, ismail dan Ibrahim.

Hasan al Mutsanna adalah putra Imam Hasan dari istrinya yang bernama Khaulah binti Manshur al Fazariyah. Kelima putra Hasan : Zaid, Hasan Mustanna, Qasim, abu Bakar dan Abdullah syahid di Karbala bersama pamannya.

Menjadi khalifah

Hasan sempat menjadi khalifah menggantikan ayahnya, bersamaan dengan Muawiyah sebagai khalifah untuk daerah Syam (Siria) dan sekitarnya. Namun kemudian Hasan merelakan dirinya mundur dari kursi khalifah dan menyerahkan wilayahnya kepada Muawiyah, sehingga ia dikenal sebagai pemersatu kaum muslimin.

Wafat

Imam Hasan wafat akibat diracun istrinya sendiri yang berselingkuh dengan Yazid putra Muawiyah. Beliau wafat di masa pemerintahan Yazid dalam usia 44 tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: