Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Husain bin Ali (Imam ke-3 Sunni, Sufi dan Syiah)


Husain lahir setahun sesudah abangnya Hasan lahir. Ia adalah putra kedua Ali dan cucu kedua Rasulullah saw. Ia wafat 11 tahun sesudah abangnya Hasan syahid diracun oleh suruhan Yazid.
Husain syahid di padang Karbala dikepung oleh pasukan Umar bin Saad (putra Saad bin Abi Waqash) atas perintah khalifah Yazid bin Muawiyah.

Undangan warga Kufah

warga Kufah (Irak) mengundang Husain untuk datang dan dibaiat menjadi pemimpin mereka, menghadapi kesewenangan gubernur dan khalifah Yazid.

Yazid tidak ingin keinginan rakyat Kufah ini terwujud karena Yazid memandang hal ini sebagai bentuk rencana pemberontakan atas negara. maka Yazid segera mengirim pasukan untuk menghadang perjalanan Husein menuju Irak.

beberapa sahabat Husein dan keluarganya juga sudah menasehati Husein agar tidak memenuhi undangan warga Kufah tersebut karena undangan tersebut tidak lain hanyalah jebakan mereka. dan benar saja ketika Husein dan rombongannya dikepung di Karbala, tak satupun bantuan datang dari warga Kufah.

sebagian besar kerabat Husein ikut dalam rombongan tsb. bisa dianggap mereka berencana untuk migrasi atau pindah dari Madinah ke Irak karena tak sanggup hidup tertekan batin melihat pola hidup dan pemerintahan Yazid.

pada saat yang sama, Abdullah bin Zubair juga berusaha melakukan perlawanan terhadap Yazid. perjuangannya didukung oleh Aisyah.

Kematian Husain menjadi duka bagi umat Islam sepanjang masa. sama seperti abangnya, Husein banyak menerima didikan agama dari ayahnya sendiri Ali bin Abi Thalib

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: