Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Kenapa muncul banyak cabang di Syi’ah?


semenjak awal syiah sudah bercabang-cabang. Putra Ali Zainul Abidin yang juga berdarah Hasan bin Ali yaitu Zaid bin Ali memunculkan cabang pertama dari pohon Syiah. Zaid menolak mengakui keimaman saudara lain ibunya Muhammad bin Ali yang bergelar al Baqir. Zaid mempunyai semangat untuk melawan tirani Bani Ummayah. Tidak tinggal diam saja. Maka syiah Zaid disebut sebagai Zaidiyah. Zaid mencintai ahlulbait dan para sahabat nabi termasuk 3 khalifah sebelum Ali bin Abi Thalib. Zaidiyah pun disebut sebagai rafidha karena ia menolak imam Muhammad al Baqir

kemudian sesudah wafatnya Imam Ja’far ash Shodiq, tidak semua syiah membai’at Imam Musa al Kadzim. sebagian mendukung Ismail bin Ja’far sebagai Imam penerus imamah Imam Ja’far. maka syiah Ismail kemudian disebut Ismailiyah. Kekhalifahan Fatimiyah di Mesir didirikan oleh keturunan Ismail bin Ja’far.

dan banyak aliran syiah yang lain yang muncul ke permukaan. ini bisa jadi disebabkan ketidaksamaan keyakinan orang-orang syiah terhadap hadits Nabi tentang nama-nama 12 khalifah/Imam dari suku Qurays.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: