Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Raibnya Muhammad Al Mahdi (Imam ke-12 Syiah)


Kurang lengkap riwayat mengenai peristiwa menghilangnya Muhammad al Mahdi bin Hasan Askari, yang dianggap oleh Syiah Imamiyah (Syiah 12 Imam) sebagai Imam ke-12 mereka sekaligus menjadi Imam Mahdi atau Imam Ghaib zaman ini.

Kisah kegaiban Muhammad al Mahdi terjadi ketika ia berumur 5 tahun. Pada waktu ayahnya Hasan meninggal dan jenasahnya  hendak disholatkan, maka majulah paman dari Muhammad al Mahdi untuk menjadi imam sholat jenasah. Tapi Muhammad al Mahdi yang baru saja dibai’at sebagai Imam ke-12 Syiah walaupun masih berumur 5 tahun itu berkata kepada pamannya : “Paman, bergeserlah engkau, hanya Imam yang boleh menjadi imam sholat jenasah seorang Imam”. Maka sang pamanpun beranjak dan mengambil posisi di saf makmum. Setelah Muhammad al mahdi yang masih berusia 5 tahun itu jadi imam maka terjadilah keajaiban, Muhammad al Mahdi menghilang. Makmum kehilangan imamnya. Syiah kehilangan Imam ke-12nya. Maka semenjak itu syiah meyakini bahwa Imam al Mahdi mereka sedang menjalani kegaiban (okultasi). Masa kegaiban ini dibagi menjadi dua periode : Kegaiban kecil dan Kegaiban besar.
Selama kegaiban kecil, konon menurut orang-orang yang mengaku sebagai wakil Imam Mahdi, Muhammad al Mahdi menemui mereka, hal ini berlangsung selama 70 tahun dengan 4 orang wakil Imam yang telah ditemuinya.
Al Kulaini pengarang Kitab Al Kafi hidup di masa kegaiban sugro ini.
Sesudah itu baru dimulai kegaiban kubra, dimana tidak ada lagi wakil Imam yang ditunjuk hingga Imam Mahdi versi syiah muncuk kelak menjelang kiamat.

Dalam perjalanan sejarah, sudah banyak orang yang mengaku sebagai penampakan Imam Mahdi.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: