Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Amyntas III, kakek Alexander The Great


Amyntas III (Yunani: Ἀμύντας Γ, meninggal 370 SM) anak Arrhidaeus dan ayah dari Philip II, adalah raja dari Makedonia di 393 SM, dan lagi 392-370 SM. Dia juga merupakan kakek dari pihak ayah dari Alexander Agung.

Dia datang ke tahta setelah sepuluh tahun kebingungan yang diikuti kematian Arkhelaus I. Tapi dia punya banyak musuh di rumah; tahun 393 ia diusir oleh Illyrians, tetapi pada tahun berikutnya, dengan bantuan dari Thessalians, ia sembuh kerajaannya. Medius, kepala rumah Aleuadae dari Larissa, diyakini telah memberikan bantuan untuk Amyntas dalam memulihkan tahtanya. Hubungan timbal balik antara Argeadae dan Aleuadae tanggal-tanggal dengan waktu Arkhelaus I.

Untuk menopang negaranya terhadap ancaman dari Illyrians, Amyntas membentuk aliansi dengan Liga Chalkidian dipimpin oleh Olynthus. Dalam pertukaran untuk dukungan ini, Amyntas memberikan mereka hak untuk kayu Macedonia, yang dikirim kembali ke Athena untuk membantu memperkuat armada mereka. Dengan uang mengalir ke Olynthus dari ekspor ini, kekuatan mereka tumbuh. Sebagai tanggapan, Amyntas mencari sekutu tambahan. Dia mendirikan koneksi dengan Kotys, kepala Odrysians. Kotys sudah menikahi putrinya ke Iphicrates umum Athena. Dilarang menikah dengan keluarga Kotys ‘, Amyntas segera mengadopsi Iphicrates sebagai anaknya.

Setelah 387 Perdamaian Raja SM, Sparta sangat ingin membangun kembali kehadirannya di utara Yunani. Pada 385 SM, Bardylis dan Illyrians nya diserang Epirus menghasut dan dibantu oleh Dionysius dari Syracuse, [1] dalam upaya untuk mengembalikan Alcetas raja Molossian I Epirus takhta. Ketika Amyntas mencari bantuan Spartan terhadap peningkatan ancaman dari Olynthus, Spartan bersemangat menanggapi. Itu Olynthus didukung oleh Athena dan Thebes, saingan ke Sparta untuk kontrol Yunani, memberikan mereka insentif tambahan untuk memecah kekuatan ini tumbuh di utara. Amyntas sehingga menyimpulkan perjanjian dengan bangsa Sparta, yang membantu dia untuk mengurangi Olynthus (379). Dia juga mengadakan liga dengan Jason dari Pherae, dan tekun dipelihara persahabatan dengan Athena. Pada 371 SM di sebuah kongres Panhellenik dari sekutu Lacedaemonian, ia memilih mendukung klaim orang Atena dan orang Yunani lainnya bergabung dalam pemungutan suara untuk membantu Athena untuk memulihkan kepemilikan Amphipolis [2] [3].

Dengan Olynthus dikalahkan, Amyntas sekarang dapat menyimpulkan sebuah perjanjian dengan Athena dan menjaga pendapatan kayu untuk dirinya sendiri. Amyntas dikirim kayu untuk rumah Timotius Athena, di Piraeus.

Dengan istrinya, Eurydice, ia memiliki tiga anak, Alexander II, III dan Perdiccas yang termuda di antaranya adalah Philip II dari Makedonia terkenal. Amyntas meninggal pada usia lanjut, meninggalkan takhtanya kepada putra tertuanya, Alexander

Referensi

  • Duane A. March, “The Kings of Makedon: 399-369 BC,” Historia (Franz Steiner Verlag) vol. 44, No. 3 (1995), 257-282
  •  This article incorporates text from a publication now in the public domain: Chisholm, Hugh, ed. (1911). “Amyntas II”. Encyclopædia Britannica (11th ed.). Cambridge University Press.
  1. ^ A History of Greece to 322 B.C. by N. G. L. Hammond. ISBN 0198730950, 1986, page 479, “Molossi, Alcetas, who was a refugee at his court, Dionysius sent a supply of arms and 2,000 troops to the Illyrians, who burst into Epirus and slaughtered 15,000 Molossians. Sparta intervened as soon as they had learned of the events and expelled the Illyrians, but Alcetas had regained his…”
  2. ^ Aeschines – On the Embassy 2.32
  3. ^ History of Greece [1] by George Grote

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: