Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Berdirinya kota Roma


Pendirian Roma dapat diselidiki melalui arkeologi, tapi cerita tradisional yang diturunkan oleh orang Romawi kuno itu sendiri menjelaskan sejarah awal kota mereka dalam hal legenda dan mitos. Yang paling akrab mitos ini, dan mungkin yang paling terkenal dari semua mitos Romawi, adalah kisah Romulus dan Remus, kembar yang disusui oleh serigala betina [1]. Kisah ini harus didamaikan dengan tradisi ganda, ditetapkan sebelumnya dalam waktu, yang memiliki Eneas Trojan pengungsi melarikan diri ke Italia dan menemukan garis Roma melalui Iulus putranya, diangkat menjadi nama dinasti Julio-Claudian.

pendiri mitos

Eneas lari membakar Troy, Federico Barocci, 1598. Galleria Borghese, Roma.

Epik nasional Roma, Aeneid dari Vergil, bercerita tentang bagaimana Trojan pangeran Eneas datang ke Italia. Aeneid ini ditulis di bawah Augustus, yang mengaku keturunan melalui Julius Caesar dari pahlawan dan ibunya Venus. Menurut Aeneid itu, yang selamat dari kota jatuh dari Troy bersatu di bawah Eneas, menjalani serangkaian petualangan di sekitar Laut Mediterania, termasuk berhenti di Kartago baru didirikan di bawah pemerintahan Ratu Dido, dan akhirnya mencapai pantai Italia. The Trojan dianggap telah mendarat di kawasan antara yang modern dan Anzio Fiumicino, barat daya Roma: mungkin di Laurentum, atau dalam versi lain, pada Lavinium, tempat nama untuk Lavinia, putri Raja Latinus, yang Aeneas menikah. Melalui serangkaian konflik bersenjata, Trojans memenangkan hak untuk tinggal dan berasimilasi dengan masyarakat lokal. Anak muda Eneas, Ascanius, juga dikenal sebagai Iulus, pergi ke Alba Longa ditemukan dan garis Alban raja-raja yang telah mengisi kesenjangan kronologis antara saga Trojan dan pendirian tradisional Roma pada abad ke-8 SM.

Menjelang akhir baris ini, Raja Procas adalah ayah dari Numitor dan Amulius. Pada saat kematian Procas ‘, Numitor menjadi raja Alba Longa, tapi Amulius menangkapnya dan mengirimnya ke penjara, ia juga memaksa putri Numitor, Rhea Silvia, untuk menjadi pendeta perawan antara Vestals. Selama bertahun-tahun Amulius kemudian raja. Sifat berliku-liku kronologi ditunjukkan dengan pentahbisan Rhea Silvia antara Vestals, yang secara tradisional untuk dikatakan telah didirikan oleh penerus Romulus, Numa Pompilius.

Romulus dan Remus

Mitos Eneas, Yunani asal, harus didamaikan dengan mitos Italia Romulus dan Remus, yang diambil sebagai tokoh sejarah akan lahir sekitar 771 SM. Mereka konon akan anak-anak dari Silvia Rhea dan Mars, dewa perang. Karena ramalan bahwa mereka akan menggulingkan paman mereka yang kejam, mereka, dengan cara pahlawan mitologis banyak, ditinggalkan saat lahir, dalam hal ini, di Sungai Tiber oleh pelayan yang merasa kasihan pada bayi, meskipun perintah mereka. Si kembar diasuh oleh serigala betina sampai seorang gembala bernama Faustulus ditemukan dan mengambil Romulus dan Remus sebagai anak-anaknya. Faustulus dan istrinya, Acca Larentia, mengangkat anak-anak. Ketika Remus dan Romulus menjadi dewasa, mereka memutuskan untuk mendirikan sebuah kota, namun mereka bertengkar, dan Romulus membunuh saudaranya. Dengan demikian Roma mulai dengan pembunuhan saudara, cerita yang kemudian diambil untuk mewakili sejarah kota perselisihan politik internal yang dan pertumpahan darah.

Tanggal

Selama Republik Romawi, beberapa tanggal diberikan untuk pendirian kota antara 758 SM dan 728 SM. Akhirnya, di bawah Kekaisaran Romawi, tanggal disarankan oleh Marcus Terentius Varro, 753 SM, disepakati, tetapi dalam Capitolini babad tahun yang diberikan adalah 752. Meskipun tahun diusulkan bervariasi, semua versi setuju bahwa kota ini didirikan pada tanggal 21 April hari festival suci untuk pales, dewi gembala-gembala itu untuk menghormatinya, Roma merayakan illa Nominal (atau Palilia). (Romawi lelang kalender, namun, dimulai dengan kencan Varro dari 753 SM.)

Menurut legenda, dasar dari Roma terjadi 438 tahun setelah penangkapan Troy (1182 SM), menurut Velleius Paterculus (VIII, 5). Itu terjadi “segera” sebelum sebuah gerhana matahari, beberapa telah mengidentifikasi gerhana ini sebagai salah satu diamati di Roma pada tanggal 25 Juni 745 SM, yang memiliki besaran 50,3%. Varro mungkin sudah menggunakan daftar konsuler dengan kesalahan-kesalahannya, menyebut tahun dari konsul pertama “245 lelang”.

Menurut Tarrutius Lukius orang Firmum, Romulus dikandung pada tanggal 23 dari bulan Choiac Mesir, selama gerhana matahari total. Gerhana ini terjadi pada tanggal 15 Juni 763 SM, dengan kekuatan 62,5% di Roma. Dia lahir pada hari ke 21 bulan Thoth. Hari pertama Thoth jatuh pada tanggal 2 Maret pada tahun itu (Prof EJ Bickerman, 1980: 115). Itu berarti bahwa kehamilan Rhea Silvia berlangsung selama 281 hari. Roma didirikan pada hari kesembilan dari bulan Pharmuthi, yang tanggal 21 April sebagai universal disepakati. Bangsa Romawi menambahkan bahwa, tentang Romulus waktu mulai membangun kota, gerhana Matahari diamati dengan Antimachus, penyair Teian, pada hari 30 bulan lunar. Ini gerhana (lihat di atas) memiliki besaran 54,6% pada Teos, Asia Kecil. Romulus lenyap pada tahun ke-54 hidupnya, pada Nones dari Quintilis (Juli), pada hari ketika matahari menjadi gelap. Hari berubah menjadi malam, yang gelap tiba-tiba diyakini gerhana Matahari. Ini terjadi pada tanggal 17 Juli 709 SM, dengan besarnya 93,7%. (Semua data ini gerhana telah dihitung oleh Prof Aurel Ponori-Thewrewk, direktur pensiunan Planetarium Budapest.) Plutarch menempatkannya pada tahun ke-37 dari dasar Roma, pada kelima kami bulan Juli, kemudian disebut Quintiles, pada “Nones Caprotine”. Livy (I, 21) juga menyatakan bahwa Romulus memerintah selama 37 tahun. Dia dibunuh oleh Senat atau hilang pada tahun ke-38 masa pemerintahannya. Sebagian besar telah dicatat oleh Plutarch (Kehidupan Romulus, Pompilius Numa dan Camillus), Florus (Buku I, I), Cicero (The VI Republik, 22: Dream Scipio), Dio (Dion) Cassius dan Dionysius dari Halicarnassus (L 2).. Dio, dalam Kitab I Sejarah Romawi, menegaskan data ini dengan mengatakan bahwa Romulus berada di tahun ke-18 usia ketika ia mendirikan Roma. Oleh karena itu, tiga gerhana Catatan menunjukkan bahwa Romulus berkuasa dari 746 SM sampai 709 SM. Anehnya ini sangat dekat dengan perhitungan berdirinya diberikan oleh penulis pertama sejarah Roma asli, Quintus Fabius Pictor, yang menulis bahwa Roma didirikan pada tahun pertama Olimpiade kedelapan, 747 SM (Dionysius dari Halicarnassus, Buku 1, ch. 74,2).

Hari ini perdebatan sengit atas keabsahan cerita yayasan Roma. Para sarjana telah mendukung kedua ekstrem. Beberapa ingin percaya apa-apa tentang legenda, sementara yang lain mau percaya legenda sepenuh hati tanpa skeptisisme. Arkeologi menawarkan kesempatan terbaik untuk memilah perdebatan, dan memang penemuan baru pada Palatine Hill di Roma telah menawarkan bukti yang baik. Yang paling besar adalah serangkaian tembok benteng di lereng utara Palatine Hill yang dapat tanggal ke pertengahan abad ke-8 SM, ketika legenda mengatakan bahwa Romulus dibajak alur (sulkus) di sekitar Bukit Palatine untuk menandai batas kota barunya. Sisa-sisa dinding dan bukti lain seperti itu telah ditemukan oleh penggalian Andrea Carandini.

Nama Roma

Nama kota ini umumnya dianggap merujuk ke Romulus, tetapi ada hipotesis lain. Jean-Jacques Rousseau menyarankan Yunani “ῥώμη” (“rhōmē”), yang berarti “kekuatan, kekuatan”. [3] Hipotesis lain mengacu nama untuk Roma, yang konon adalah putri Eneas atau Evander. Sarjana Basque Manuel de Larramendi berpikir bahwa asal adalah kata Basque “ORMA” (modern Basque “horma”), yang berarti “dinding”.

Roma juga disebut “Urbs”, kata yang di kemudian Latin generik disebut setiap kota atau kota. “Urbs” akhirnya mungkin berasal dari “urvus”, yang dipotong oleh alur bajak, dalam hal ini, oleh Romulus. [Rujukan?]

Nama “Romulus” mungkin back-formasi, [rujukan?] Yaitu, nama “Romulus” berasal dari kata “Roma”. Akhiran “-ulus” adalah maskulin dan kecil, jadi “Romulus” berarti “anak kecil itu dari Roma.”

Arkeologi
Pertanyaan buku-new.svg Bagian ini membutuhkan unreferenced kutipan untuk memastikan pemastian.

Orang-orang Italia asli mendiami Hills Alban. Mereka kemudian pindah ke dalam lembah-lembah, yang menyediakan lahan yang lebih baik untuk pembibitan hewan atau dikenal sebagai pertanian. Daerah sekitar sungai Tiber adalah sangat menguntungkan dan menawarkan sumber daya strategis penting: sungai adalah perbatasan alami di satu sisi, dan bukit-bukit dapat memberikan posisi defensif aman di sisi lain. Posisi ini juga akan memungkinkan orang Latin untuk mengontrol sungai dan lalu lintas komersial dan militer di atasnya dari titik pengamatan alam di Isola Tiberina. Selain itu, lalu lintas jalan dapat dikendalikan karena Roma adalah di persimpangan jalan utama ke laut yang berasal dari Sabinum (di timur laut) dan Etruria (di barat laut).

Perkembangan kota ini diduga telah dimulai dari pengembangan desa-desa kecil yang terpisah terletak di bagian atas bukit. Mereka akhirnya bergabung bersama untuk membentuk Roma.

Walaupun penelitian terbaru menunjukkan bahwa bukit Quirinal sangat penting di zaman kuno, bukit pertama yang dihuni tampaknya telah menjadi Palatine (karena itu mengkonfirmasikan legenda), yang juga di pusat kota Roma kuno. Tiga puncak, bukit-bukit kecil (Cermalus atau Germalus, Palatium, dan Velia), disatukan dengan tiga puncak dari Esquiline (Cispius, Fagutal, dan Oppius), dan kemudian desa-desa di Bukit Caelian dan Suburra.

Bukit ini memiliki nama-nama ekspresif. The Hill Caelian juga disebut Querquetulanus, dari “Quercus” “(ek), nd” Fagutal “(menunjuk ke beech-hutan, dari makna” Fagus “” beech “) penemuan terbaru mengungkapkan. Bahwa Germalus pada bagian utara Palatine adalah situs dari sebuah desa (tanggal ke abad 9 SM) dengan tempat tinggal melingkar atau berbentuk bulat panjang itu dilindungi oleh dinding tanah liat (mungkin diperkuat dengan kayu),. dan ada kemungkinan bahwa ini adalah di mana Roma benar-benar didirikan.

Wilayah federasi ini dikelilingi oleh perbatasan suci disebut pomerium, yang tertutup yang disebut Roma quadrata (Square Roma). Ini diperpanjang dengan dimasukkannya Bukit Capitoline dan Pulau Tiber ketika Roma menjadi oppidum, atau kota berkubu. Esquiline masih sebuah desa satelit yang akan disertakan pada saat ekspansi Servian Roma.

Festival untuk Septimontium (secara harfiah “dari tujuh bukit”), pada tanggal 11 Desember terjadi di masa lalu dianggap terkait dengan yayasan. Namun, karena April 21 adalah tanggal tinggal pondasi Roma yang ke atasnya semua legenda setuju, baru-baru ini berpendapat bahwa Septimontium merayakan federasi pertama di antara Romawi bukit: sebuah federasi serupa itu, pada kenyataannya, dirayakan oleh orang-orang Latin di Gua, Italia , atau di Monte Cavo (dalam Castelli).

References

  1. ^ Livy (1797). The history of Rome. George Baker (trans.). Printed for A.Strahan.
  2. ^ Livy (2005-05-26). The Early History of Rome. Penguin Books Ltd. ISBN 978-0-14-196307-5.
  3. ^ Cf. Jean-Jacques Rousseau, The Social Contract, Book IV, Chapter IV, written in 1762, where he writes in a footnote that the word for Rome is Greek in origin and means force. “There are writers who say that the name ‘Rome’ is derived from ‘Romulus’. It is in fact Greek and means force.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: