Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Ethelbert dari Kerajaan Kent (Inggris abad 6 M)


Æthelberht (juga Æthelbert, Aethelberht, Aethelbert, atau Ethelbert) (c. 560-24 February 616) adalah Raja dari Kent dari sekitar 580 atau 590 sampai kematiannya. Dalam bukunya Sejarah Gereja Rakyat Inggris, Bede biarawan abad kedelapan daftar Aethelberht sebagai raja ketiga yang memegang kekaisaran atas lain Anglo-Saxon kerajaan. Pada abad kesembilan akhir Anglo-Saxon Chronicle Æthelberht disebut sebagai bretwalda, atau “Inggris-penguasa”. Dia adalah raja Inggris pertama yang masuk Kristen.

Dia adalah anak dari Eormenric, menggantikan dia sebagai raja, menurut Chronicle. Ia menikah dengan Bertha, putri Kristen Charibert, raja kaum Frank, dengan demikian membangun aliansi dengan negara paling kuat di Eropa Barat kontemporer; pernikahan mungkin terjadi sebelum Æthelberht datang ke takhta. Pengaruh Bertha mungkin telah menyebabkan keputusan oleh Paus Gregorius I untuk mengirim Agustinus sebagai seorang misionaris dari Roma. Agustinus mendarat di Pulau Thanet di timur Kent di 597. Tak lama kemudian, Æthelberht bertobat menjadi Kristen, gereja didirikan, dan lebih luas skala konversi ke Kristen dimulai pada kerajaan. Æthelberht disediakan gereja baru dengan tanah di Canterbury, apa yang kemudian dikenal sebagai Abbey St Agustinus.

Hukum Æthelberht untuk Kent, kode tertulis paling awal dalam bahasa Jerman, melembagakan sistem yang kompleks dari denda. Ini dapat ditemukan di Roffensis Textus (sekitar 1120). Kent kaya, dengan hubungan dagang yang kuat ke benua dan, mungkin Æthelberht yang melembagakan kontrol kerajaan perdagangan. Untuk pertama kalinya setelah invasi Anglo-Saxon, koin mulai beredar di Kent selama pemerintahannya.

Æthelberht kemudian suci sebelum itu untuk perannya dalam membangun agama Kristen di antara Anglo-Saxon, seperti juga istri dan anak perempuannya. Hari raya Nya awalnya adalah 24 Februari, tetapi diubah menjadi 25 Februari.

http://en.wikipedia.org/wiki/%C3%86thelberht_of_Kent

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: