Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Saxon, Cikal Bakal Inggris Raya


Saxon (Latin: Saxones, Inggris Kuno: Seaxe Old Saxon: Sahson, Jerman Rendah: Sassen) adalah suatu konfederasi dari suku-suku Jermanik di Jerman Utara polos, yang selama Abad Pertengahan bermigrasi ke Kepulauan Inggris dan merupakan bagian dari Anglo -Saxon.

The Saxon adalah suku awalnya Ingvaeonic, yang paling awal daerah yang dikenal dari pemukiman Utara Albingia, daerah sekitar bahwa dari Holstein modern. Daerah ini tumpang tindih daerah Angles, sebuah suku yang mereka seringkali terkait erat. Saxon berpartisipasi dalam penyelesaian Jermanik dari Inggris selama dan setelah abad kelima. Tidak diketahui berapa banyak bermigrasi dari benua itu ke Inggris, meskipun perkiraan untuk jumlah pemukim Anglo-Saxon sekitar dua ratus ribu [1] Selama abad pertengahan, karena rute perdagangan internasional Hanseatic dan migrasi kontingen selama Abad Pertengahan. , Saxon dicampur dengan dan berpengaruh kuat pada bahasa dan budaya dari Jermanik Utara dan Baltik dan masyarakat Finlandia, dan juga atas Slavia Polabian dan Barat Pomeranian Slavia orang.

Pada abad ke-18, setelah membuat Revolusi Industri, Saxon modern telah menetap di wilayah di seluruh dunia, terutama di Amerika Utara, Australia, Afrika Selatan, Brasil Selatan dan di daerah dari Uni Soviet, dan dialiect mereka yang paling menonjol, Inggris , menjadi bahasa utama wacana internasional dan lingua franca di banyak bagian dunia.

Etimologi
Hari ini negara Niedersachsen (Lower Saxony).

Setelah kejatuhan Henry Singa dan perpecahan berikutnya dari kadipaten Saxon suku ke beberapa wilayah, nama kadipaten Saxon dipindahkan ke tanah dari keluarga Ascanian. Hal ini menyebabkan perbedaan antara Lower Saxony, tanah diselesaikan oleh suku Saxon, dan Upper Saxony, sebagai kadipaten (akhirnya kerajaan). Ketika Atas dijatuhkan dari Upper Saxony, sebuah wilayah yang berbeda telah memperoleh nama Saxon, akhirnya mengganti makna asli nama itu.

Finlandia dan Estonia telah mengubah penggunaan mereka terhadap istilah Saxony selama berabad-abad untuk menunjukkan seluruh negeri dari Jerman (Saksa dan Saksanmaa masing-masing) dan Jerman (saksalaiset dan sakslased, masing-masing) sekarang. Dalam pedagang tua Finlandia saksa arti kata itu, seperti dalam voisaksa kata (penjual mentega) dan kauppasaksa (perjalanan salesman). Dalam Estonia Saks berarti seorang bangsawan atau, bahasa sehari-hari, orang kaya atau berkuasa.

Label “Saxon” (dalam bahasa Rumania “Sasi”) juga diterapkan untuk pemukim Jerman yang bermigrasi pada abad 13 hingga tenggara Transylvania.

Dalam bahasa Celtic, kata untuk kebangsaan Inggris berasal dari kata Saxon. Contoh yang paling menonjol, sering digunakan dalam bahasa Inggris, adalah kata pinjaman Gàidhlig Sassenach (Saxon), sering digunakan meremehkan di Scottish Inggris / Skotlandia. Ini berasal dari makna Sasunnach Skotlandia Gaelik, awalnya, “Saxon”, dari “Saxones” Latin, melainkan juga sebelumnya diterapkan oleh Highlanders untuk (non-berbahasa Gaelic) dataran rendah [2] Seperti yang digunakan oleh Skotlandia atau Inggris-Skotlandia. pembicara hari ini biasanya digunakan dalam bercanda, sebagai istilah (ramah) dari penyalahgunaan. Inggris Oxford Dictionary (OED) memberikan 1771 sebagai tanggal penggunaan tertulis paling awal dari kata dalam bahasa Inggris.

Sasanach, kata Irlandia-bahasa untuk seorang Inggris, memiliki derivasi yang sama, jangan kata yang digunakan dalam Welsh untuk menggambarkan orang Inggris (Saeson, bernyanyi Sais.) Dan bahasa Inggris dan hal secara umum: Saesneg dan Seisnig. Kata-kata ini biasanya, namun hanya digunakan dalam bahasa Irlandia dan Welsh sendiri.

Cornish juga istilah Inggris Sawsnek dari derivasi yang sama. Beberapa Cornish diketahui menggunakan ekspresi ‘Meea navidna cowza sawzneck! ” berpura-pura ketidaktahuan dari bahasa Inggris. [3]

Inggris, pada Gàidhlig, adalah Sasainn (Saxony). Contoh lain adalah Saesneg Welsh (bahasa Inggris), Irlandia Sasana (Inggris), Breton saoz (pada) (bahasa Inggris, saozneg “bahasa Inggris”, Bro-saoz “Inggris”), dan Cornish Sowson (Inggris orang) dan Sowsnek (bahasa Inggris), seperti dalam vynnav terkenal ny saya kows Sowsnek! (Saya tidak akan berbicara bahasa Inggris!).

Selama kunjungan Georg Friederich Handel ke Italia, banyak dibuat menjadi rekannya dari Saxony; “! Hidup Saxon tercinta” khususnya, Venesia disambut kinerja 1709 nya opera Agrippina dengan teriakan Viva il caro Sassone, [4]

Kata juga bertahan sebagai nama keluarga Sass / Sass, Sachse dan Sachs. Nama pertama Belanda perempuan “Saskia” aslinya berarti “Seorang wanita Saxon” (perubahan “Saxia”).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: