Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Manangkabwa dan Adityawarman


Pada tahun 1300-an sebenarnya nama negara atau kerajaan Manangkabwa sudah ada di Sumatera Tengah. Majapahit sudah mengenalnya. Bersama dengan beberapa negara lainnya di bumi Malayu, maksudnya pulau Sumatera, diantaranya Jambi, Tebo, Dharmasraya, Kampar, Siak, Rokan, Panai, Kampai, Padang Lawas, Mandailing, Aru, Barus dan lainnya.

Tapi Adityawarman selaku orang sumando (semenda) di Manangkabwa enggan menyebut-nyebut Manangkabwa dalam prasastinya. Dia lebih suka menyebut nama Kanaka Medini yang artinya tanah emas, yang sama maksudnya dengan Suwarnabhumi (negeri emas). Ia pun menggelari dirinya dengan Kanaka Medinindra (Indera di tanah emas). waktu nama Dewa Hindu (Indra) ini sudah biasa dipakai juga oleh umat Buddha, sebut saja Adityawarman penganut Buddha dari aliran Tantrayana (Vajrayana).

Adityawarman menikah dengan Puti Reno Jalito (Putri Ratna Jelita) dari Manangkabwa. waktu itu Manangkabwa sendiri mempunyai seorang raja bernama Akarendrawarman, saudara laki-laki dari istrinya.

Tahun 1375, Adityawarman wafat. Ia digantikan oleh anaknya, bernama Ananggawarman. pengangkatan Ananggawarman tidak banyak penentangan karena ia selain mewarisi tahta dari ayahnya juga mewarisi dari mamak kandungnya Akarendra. Ananggawarman pun menikah dengan sepupunya Puti Reno Dewi.

waktu itu adat yang berlaku di Manangkabwa, Kampar, Dharmasraya, Rokan, terdapat beberapa kesamaan. namun orang Manangkabwa menyebut adat yang mereka jalankan sebagai adat Minangkabau.

Sewaktu Ananggawarman naik tahta, ia semakin bersemangat memperluas wilayah kekuasaan yang diwarisi dari ayahnya. maka kemudian ia berhasil mendirikan sebuah kerajaan besar dengan nama Kerajaan Negeri Minangkabau.

dari pernikahan dengan Puti Reno Dewi, Ananggawarman dikaruniai 3 putri : Puti Panjang Rambut (yang kemudian bergelar Bundo Kanduang), Puti Selaras Pinang Masak (kemudian menjadi istri raja Jambi) dan Puti Bungsu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: