Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Dewang Cando Ramowano


Dewang Cando Ramowano yang terkenal di dalam Kaba Cinduamato dengan gelar Cinduamato (ejaan lain “Cindurmato” atau “Tjindoermato”) dan Bujang Kacinduan, sebutan kesayangan oleh Bundo Kanduang, adalah raja ke-5 yang memerintah di Kerajaan Malayapura Suwarnabhumi Kanakamedini Minangkabau yang berpusat di Pagaruyung.

Keluarga

Dewang Cando Sri Ramowano adalah putra dari Tuanku Bujanggo Salamat atau didalam Kaba Cindurmato dijuluki Bujang Salamaik Panjang Gombak dan istrinya, Kambang Bandahari, seorang dayang utama dalam istana Malayapura di Ulak Tanjung Bungo Pagaruyung. Ia bersaudara seayah dengan Dewang Pandan Salasih Sri Raiwano atau Dang Tuanku Sultan Remendung.

Dewang Cando Sri Raiwano menikah dengan Puti Marak Rindang Ranggowani, putri Tuan Titah (Datuk Bandaro Putih) di Sungai Tarab, dikaruniai putra bernama Dewang Sri Ranggowano yang kelak menjabat sebagai Tuan Titah berikutnya. Selain itu ia juga menikahi adik perempuan dari Puti Kamuning Mego (Puti Bungsu), istri Dang Tuanku Dewang Pandan Salasih Sri Raiwano Sultan Remendung, dikaruniai putra bernama Sutan Lembang Alam (Sultan Amirullah) dan putri yang bernama Puti Lembak Tuah (Putri Sarduni)

Peristiwa penting di zamannya

Sebelum Dewang Cando Sri Ramowano naik tahta, pernah terjadi serangan dari selatan, yakni dari kerajaan Sungai Ngiang, perbatasan Kerinci dengan Rejang, Bengkulu. Raja dan Putra Mahkota Sungai Ngiang tewas dalam serangan tersebut tapi serangan ini juga telah memaksa Bundo Kandung (Puti Panjang Rambut II, ratu Minangkabau Pagaruyung) dan keluarganya menyingkir dan mengungsi ke negeri yang dirahasiakan.

Penerus tahta

Setelah Dewang Ramowano mangkat, ia digantikan oleh menantunya, Dewang Sri Deowano yang bergelar Yang Dipertuan Maharaja Sakti II, putra dari Dang Tuanku Sultan Remendung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: