Tanjuang Kaciak

Kaum Pasukuan "Bujang Sambilan" dari Muaro Paneh Kubuang XIII di Bayang Nan VII – Pessel

Dewang Sri Deowano Yang Dipertuan Maharaja Sakti II


Dewang Sri Deowano yang bergelar Yang Dipertuan Maharaja Sakti II adalah maharaja ke-6 Malayapura Minangkabau Suwarnabhumi yang berpusat di Ulak Tanjuang Bungo Pagaruyung.

Keluarga

Ia adalah putra dari Dang Tuanku Sutan Remendung Dewang Pandan Salasih Sri Raiwano, anak Puti Puti Panjang Rambut II. Ia diutus oleh orang tuanya dari persembunyian ke ibukota kerajaan Malayapura untuk dinikahkan dengan sepupunya sendiri, Puti Reno Marak Rindang Ranggowani, putri dari Dewang Cando Ramowano.

Dari pernikahannya dengan Puti Ranggowani, ia dikaruniai beberapa orang anak : Dewang Sri Megowano, Dewang Indo Naro, Puti Reno Bulian, Puti Reno Kahyangan, Puti Reno Mahligai Cimpago Dewi.

Kemudian Dewang Sri Deowano menikah lagi dengan putri sultan Aceh yang bernama Putri Ratna Keumala tapi pernikahan tak berlangsung lama dan tak dikaruniai anak karena diwarnai oleh konflik dua kerajaan.

Peristiwa penting di zamannya

Pada masanya terjadi serangan dari Timur, tepatnya Tebo, oleh pasukan yang dipimpin oleh Dewang Parakrama. peristiwa tersebut memaksa keluarga kerajaan mengungsi ke berbagai daerah termasuk ke Koto Anau, kerajaan vazal Malayapura di selatan di kaki Gunung Selasih Talang.

peristiwa lainnya adalah terlepasnya wilayah pesisir barat Suwarnabhumi dari penguasaan Minangkabau kepada kesultanan Aceh karena ketidaksanggupan Pagaruyung dalam membayar hutang Sri Deowano dalam pesta besar-besaran selama di Aceh.

Penerus tahta

selanjutnya tahta direbut oleh penyerang dari Tebo yang bernama Dewang Parakrama. ia berkuasa mencapai sepuluh tahun berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: